HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 18 LUBUK ALUNG PADANG PARIAMAN

Ayu, Dhea Farahrifa and Yulfia, Nora and Ira, Rahmayuni Jusar (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 18 LUBUK ALUNG PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
66. AYU 1610013411065 cover.pdf

Download (92kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
66. AYU 1610013411065 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV masih banyak yang belum mencapai KKM yaitu 70 dan kebiasaan belajar siswa yang masih rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 18 Lubuk Alung Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel 38 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment Model Pearson (PPM) dengan menggunakan bantuan program Statisitical Product and Service Solution (SPSS) for windows release 16.00. Temuan pada penelitian diketahui bahwa secara umum kebiasaan belajar siswa tergolong rendah dan hasil belajar siswa IPS siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lubuk Alung tergolong rendah. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat hubungan yang tidak signifikan (sangat rendah) antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV dengan nilai pearson correlation sebesar 0,142. Hasil uji t diperoleht hitung = 0,860>t tabel = = 0,05= 2.028094. Koefisien determinasi sebesar 2% yang artinya besarnya kontribusi kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri 18 Lubuk Alung adalah sebesar 2%. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:55
Last Modified: 29 Dec 2020 02:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2313

Actions (login required)

View Item View Item