Luchsyah, Asdianti and Mukhni, Mukhni and Rita, Desfitri (2016) Penerapan Model Pembelajaran CORETerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
5.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran yang berlangsungbelumbisamembantusiswauntukdapatmengemukakanidenyabaiksecar alisanataupuntulisan. Sehinggaapabilasiswadihadapkankepadasoal-soal yang berbedadenganapa yang telahdiajarkan guru, makasiswaakanmengalamikesulitan. Hal inimenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematissangatlahrendah.Sehingg amenyebabkanhasilbelajarsiswarendah.. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan model pembelajaran CORE. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahhasilbelajarmatemat ikasiswamenggunakanmodel pembelajaran CORElebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswamenggunakanpembelajaranbiasap adasiswakelas VIII SMPN 29 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranCORElebihbai kdaripadahasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajaranbiasapadasiswakelas VIII SMP Negeri 29 Padang. JenispenelitianiniadalaheksperimendenganrancanganpenelitianRandomized Control Group Only Design. Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas VIII SMPN 29 Padang TahunPelajaran 2014/2015.Pengambilansampeldilakukandenganteknikrandom samplingsehinggaterpilihsiswakelas VIII7sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII6sebagai kelas kontrol.Instrumenpenelitianadalahteshasilbelajar. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 79,04 lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol yaitu 71,05. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 2,45 dan harga ttabel = 1,67 pada α = 0,05. Dengan demikian thitung>ttabel, ini berarti hipotesis diterima. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikamenunjukkanbah wasiswa yang diajardenganmenggunakanmodel pembelajaran COREdalampembelajaranlebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menggunakanpembelajaranbiasapadataraf nyataα =0,05. Berdasarkanhasilpenelitian, penulismenyarankan agar guru matematikadapatmenggunakanmodel pembelajaran COREsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 06:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 06:45 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |