Penerapan Model Pembelajaran CORETerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang

Luchsyah, Asdianti and Mukhni, Mukhni and Rita, Desfitri (2016) Penerapan Model Pembelajaran CORETerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 29 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsungbelumbisamembantusiswauntukdapatmengemukakanidenyabaiksecar alisanataupuntulisan. Sehinggaapabilasiswadihadapkankepadasoal-soal yang berbedadenganapa yang telahdiajarkan guru, makasiswaakanmengalamikesulitan. Hal inimenunjukkanbahwakemampuankomunikasimatematissangatlahrendah.Sehingg amenyebabkanhasilbelajarsiswarendah.. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah menggunakan model pembelajaran CORE. Tujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahhasilbelajarmatemat ikasiswamenggunakanmodel pembelajaran CORElebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswamenggunakanpembelajaranbiasap adasiswakelas VIII SMPN 29 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranCORElebihbai kdaripadahasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajaranbiasapadasiswakelas VIII SMP Negeri 29 Padang. JenispenelitianiniadalaheksperimendenganrancanganpenelitianRandomized Control Group Only Design. Populasipenelitianadalahseluruhsiswakelas VIII SMPN 29 Padang TahunPelajaran 2014/2015.Pengambilansampeldilakukandenganteknikrandom samplingsehinggaterpilihsiswakelas VIII7sebagai kelas eksperimen dan siswa VIII6sebagai kelas kontrol.Instrumenpenelitianadalahteshasilbelajar. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 79,04 lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol yaitu 71,05. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 2,45 dan harga ttabel = 1,67 pada α = 0,05. Dengan demikian thitung>ttabel, ini berarti hipotesis diterima. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikamenunjukkanbah wasiswa yang diajardenganmenggunakanmodel pembelajaran COREdalampembelajaranlebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang menggunakanpembelajaranbiasapadataraf nyataα =0,05. Berdasarkanhasilpenelitian, penulismenyarankan agar guru matematikadapatmenggunakanmodel pembelajaran COREsebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2024 06:45
Last Modified: 24 Oct 2024 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23243

Actions (login required)

View Item View Item