Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman

Rahmat, Ridho Suradi and Rita, Desfitri and Fazri, Zuzano (2016) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Pembelajaran yang telah diterapkan gurumasihbelumbanyakmelibatkansiswadanhanyaberpusatkepada guru,akibatnyahasilbelajarsiswakurangmemuaskan. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan judul “PenerapanModel PembelajaranAktifTipeThe Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman”. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaranaktiftipe The Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Hipotesis yang diajukanadalahHasilbelajarmatematikasiswadenganpenerapan model pembelajaranaktiftipeThe Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Jenispenelitian yang digunakanadalahjenispenelitianeksperimen. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariamantahunajaran 2015/2016. PengambilansampeldilakukandenganteknikRandom Sampling, terpilihkelas XI IPA 2sebagaikelaseksperimendankelas XI IPA 1sebagaikelaskontrol. Berdasarkanhasilanalisis data tesakhirbelajarsiswa, keduakelassampelberdistribusi normal danhomogen. Makauntukmengujihipotesisdigunakanuji . Setelahdilakukanpengolahan data diperoleh = 3,90 dan = 1,67 pada tingkat kepercayaan95%, sehingga > . Dengan demikian, hipotesis yang ii diajukanditerimayaituhasilbelajarmatematikasiswadenganpenerapan model pembelajaranaktiftipeThe Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimengharapkanguru bidangstudimatematikadapatmenerapkan modelpembelajarankooperatiftipeThe Power of Twosebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:17
Last Modified: 28 Oct 2024 06:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item