Rahmat, Ridho Suradi and Rita, Desfitri and Fazri, Zuzano (2016) Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
9.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Pembelajaran yang telah diterapkan gurumasihbelumbanyakmelibatkansiswadanhanyaberpusatkepada guru,akibatnyahasilbelajarsiswakurangmemuaskan. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan judul “PenerapanModel PembelajaranAktifTipeThe Power of Two pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman”. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaranaktiftipe The Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Hipotesis yang diajukanadalahHasilbelajarmatematikasiswadenganpenerapan model pembelajaranaktiftipeThe Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Jenispenelitian yang digunakanadalahjenispenelitianeksperimen. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariamantahunajaran 2015/2016. PengambilansampeldilakukandenganteknikRandom Sampling, terpilihkelas XI IPA 2sebagaikelaseksperimendankelas XI IPA 1sebagaikelaskontrol. Berdasarkanhasilanalisis data tesakhirbelajarsiswa, keduakelassampelberdistribusi normal danhomogen. Makauntukmengujihipotesisdigunakanuji . Setelahdilakukanpengolahan data diperoleh = 3,90 dan = 1,67 pada tingkat kepercayaan95%, sehingga > . Dengan demikian, hipotesis yang ii diajukanditerimayaituhasilbelajarmatematikasiswadenganpenerapan model pembelajaranaktiftipeThe Power of Twolebihbaikdarihasilbelajarmatematikasiswadenganpembelajarankonvensional di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Pariaman. Berdasarkanhasilpenelitianini, penelitimengharapkanguru bidangstudimatematikadapatmenerapkan modelpembelajarankooperatiftipeThe Power of Twosebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 08:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23248 |
Actions (login required)
View Item |