SISKA, ASRA and Azrita, Azrita and Ashabul, Khairi (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
28.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Tik siswa dari aspek kognitif yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan metode pembelajaran Konvensional pada kelas VIII SMP N 14 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2014/2015. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random. Didapatkan kelas eksperimen adalah kelas VIII4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII3. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir belajar untuk aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 89,38, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,61. Uji statistic pada taraf nyata (α) 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (3,48 > 1,67), maka Hipotesis H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar Tik siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kelas VIII SMP N 14 Padang. Kata Kunci : Strategi Think Pair Share (TPS), Konvensional, Kognitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:57 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:57 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23412 |
Actions (login required)
View Item |