Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 14 Padang

SISKA, ASRA and Azrita, Azrita and Ashabul, Khairi (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII SMP N 14 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
28.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Tik siswa dari aspek kognitif yang menggunakan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan metode pembelajaran Konvensional pada kelas VIII SMP N 14 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2014/2015. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara random. Didapatkan kelas eksperimen adalah kelas VIII4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII3. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir belajar untuk aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 89,38, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,61. Uji statistic pada taraf nyata (α) 0,05 menunjukkan thitung > ttabel (3,48 > 1,67), maka Hipotesis H1 diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar Tik siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada kelas VIII SMP N 14 Padang. Kata Kunci : Strategi Think Pair Share (TPS), Konvensional, Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:57
Last Modified: 11 Nov 2024 06:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item