KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 23 BALAI NARAS

Qori, Hafifah and Hendra, Hidayat and Siska, Angreni (2021) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 23 BALAI NARAS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
74. QORI 1310013411206 COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 BAB I.pdf

Download (833kB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
74. QORI 1310013411206 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini permasalahan terkait prestasi dan minat belajar IPA siswa Kelas V SD N 23 Balai Naras, di mana saat observasi awal minat belajar siswa yang kurang terindikasi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih besar dari t tabel (3,046 > 1,721) pada derajat kepercayaan 95%, sehingga korelasi antara minat belajar dan prestasi belajar dapat dikatakan signifikan atau bermakna. Dengan demikian hipotesis (H 1) bahwa terdapat korelasi yang berarti antara minat belajar dan prestasi belajar IPA siswa SD N 23 Balai Naras dapat diterima, dengan korelasi signifikan. Selain itu, merespons situasi pandemi COVID-19, peneliti juga melakukan pengumpulan data tambahan untuk membandingkan minat siswa pada pembelajar kelas dengan pembelajaran daring/jarak jauh. Secara indikatif, siswa cenderung lebih berminat untuk belajar di kelas (pertemuan) dengan guru mereka, baik dari sisi perasaan senang ketika belajar, ketertarikan untuk belajar dan keterlibatan dalam proses belajar. Meskipun demikian, dari sisi indikator perhatian, siswa cenderung tidak bosan ketika belajar daring. Kata Kunci: minat belajar, prestasi belajar, belajar daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:42
Last Modified: 04 Jan 2021 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item