PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 03 PANCUNG SOAL INDERAPURA

Norbertus, Harita and Pebriyenni, Pebriyenni and Zulfa, Amrina (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SDN 03 PANCUNG SOAL INDERAPURA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img] Text
92. NORBERTUS 1310013411009 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Di SDN 03 Pancung Soal Inderapura. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran PKn dan model pembelajaran Kumon yang dikemukakan Aris (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal yang berjumlah 52 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Conrol Design dan didapatkan kelas VB sebagai kelas Eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata PKn siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal, dengan menggunakan model Kumon dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen data awal 66,40 setelah diperlakukan dengan menggunakan model Kumon lebih tinggi yaitu 73,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol data awalnya adalah 69,04 menjadi 66,25 dengan taraf uji statistik (α = 0,05) diperoleh berarti maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kumon terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 03 Pancung Soal. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Kumon sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Kumon, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:51
Last Modified: 06 Jan 2021 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

View Item View Item