PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD ISTIQAMAH SICINCIN KABUPATEN PADANG PARIAMAN

DAMINAR, DAMINAR and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD ISTIQAMAH SICINCIN KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover - bab i.pdf

Download (695kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode inkuiri di kelas V SD Istiqmah Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Istiqmah Sicincin Kabupaten Padang Pariaman, yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kegiatan pengajaran guru, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keaktifan siswa dalam berdiskusi pada siklus I 61,54% meningkat menjadi 78,85% pada siklus II dan keaktifan siswa dalam menyimpulkan pelajaran pada siklus I 67,73% meningkat menjadi 84,62% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 61,54% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,62%. Hal ini berarti pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Istiqmah Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, IPS, Inkuiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:41
Last Modified: 06 Feb 2025 03:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item