PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MIND MAP DI MIN KOTO LUAR PADANG

Delvi, Susanti and Yetty, Morelent and Syafni, Gustina Sari (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MIND MAP DI MIN KOTO LUAR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Mind Map di MIN Koto Luar Padang. Teori yang dijadikan acuan pada keterampilan berkomunikasi ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh Harapan (2014), Iriantara (2014) dan Muhammad (2014), Mind Map menggunakan pendapat Buzan (2009) dan Edwar (2009), dan untuk hasil belajar keterampilan siswa dalam berkomunikasi menggunakan pendapat Sudjana (2013). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIN Koto Luar Padang berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki- laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi keterampilan berkomunikasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata- rata persentase ketuntasan keterampilan siswa dalam berkomunikasi pada siklus I yaitu 56,52% dan meningkat menjadi 78,26% pada siklus II. Dengan meningkatnya keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia berdampak pada tes hasil belajarnya pada akhir siklus dengan rata- rata persentase ketuntasan 39,13% pada siklus I, menjadi 78,26% pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Mind Map dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN Koto Luar Padang. ____________________________ Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Mind Map, Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:51
Last Modified: 06 Feb 2025 03:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24348

Actions (login required)

View Item View Item