PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK KELAS IV SD NEGERI 44 SUNGAI LAREH

Yogi, Afif Naufan and Hendra, Hidayat and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI UNTUK KELAS IV SD NEGERI 44 SUNGAI LAREH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
94. YOGI 1510013411142 Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
[img] Text
94. YOGI 1510013411142 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk siswa kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah Reserch and Development (penelitian dan pengembangan). Modul pembelajaran inkuiri ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D. penelitian dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain validasi oleh tiga orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SD Negeri 44 Sungai Lareh untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi sumber energi bagi siswa kelas IV SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 94,99%. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 91,67%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siwa dengan rata-rata persentase keprakisan 97,18%. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, hal ini menunjukkan materi dalam modul menunjang pencapaian kompetensi dasar, uraian materi lengkap dan jelas, modul yang telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa, dan modul menampilkan gambar-gambar yang membantu pemahaman siswa. Oleh karena iu modul yang telah dikembangkan ini dapat dijadikan bahan ajar dalam proses pembelajara IPA berbasis inkuiri pada materi Sumber Energi, maka penulis menyarankan bagi guru kelas IV SD, berdasarkan hasil validitasdan praktikalitas yang telah dilakukan, modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada materi Sumber Energi untuk kelas IV SDN 44 Sungai Lareh yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan materi Sumber Energi Kata Kunci : modul berbasis inkuiri, valid dan praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:57
Last Modified: 06 Jan 2021 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item