Dores, Saputra and Wince, Hendri and Erwinsyah, Satria (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV SDN 09 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
COVER- BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang bervariasi. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 09 Lubuk Alung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berlokasi di SDN 09 Lubuk Alung , subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata – rata rekapitulasi penilaian kognitif siklus I yaitu 69,71, dan siklus II yaitu 80,36, peningkatan 10,65%, Untuk aspek afektif siklus I 71,27% dan siklus II yaitu 83,14% , peningkatan 11,87%. Sedangkan aspek psikomotor siklus I yaitu 71,27%, dan siklus II yaitu 83,18% peningkatan 11,91%. Pengamatan juga dilihat dari aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat disimpulkan bahwa, Pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 09 Lubuk Alung, serta dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: CTL, IPA, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:41 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |