PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SD NEGERI 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

ELZA, SAPRIDA YENI and Yetty, Morelent and Erwinsyah, Satria (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SD NEGERI 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover- Bab I.pdf

Download (672kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Cooperative Script di SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang: Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori (1) Cooperative Script yang dikemukakan oleh Istarani (2012), (2) Teori belajar yang dikemukakan oleh Agus Suprijono (2009), (3) teori membaca pemahaman yang dikemukakan oleh Dalman (2013). Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peneliti 32 orang siswa kelas V SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil belajar siklus I adalah 69,21 dengan presentase ketuntasan belajar 50% terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus II yaitu 84,68 dengan presentase ketuntasan 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, model cooperative script, pembelajaran bahasa indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:06
Last Modified: 11 Feb 2025 03:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24357

Actions (login required)

View Item View Item