Gema, Wahyudi and Pebriyenni, Pebriyenni and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 53 KAMPUNG JAMBAK KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
COVER- bab i.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn melalui model Picture and Picture di SDN 53 Kampung Jambak, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diakhir siklus I dan II dilakukan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 53 Kampung Jambak, yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas pembelajaran oleh guru, lembar observasi afektif (nontes) dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, pengetahuan siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 82,27 dan pada siklus II dengan rata-rata nilai 82,72. Sedangkan pemahaman siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 58,86 dan pada siklus II dengan rata-rata nilai 75,00. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70,68 dan meningkat pada siklus II menjadi 79,13. Sedangkan persentase ketuntasan pada siklus I adalah 50,00% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,36%. Hal tersebut menggambarkan bahwa telah tercapainya indikator keberhasilan hasil belajar siswa yaitu 75%. Berdasarkan hasil lembar observasi afektif siswa, diperoleh nilai rata-rata afektif siswa pada siklus I adalah 64,76 dengan persentase 50,00% dan nilai rata-rata afektif siswa pada siklus II adalah 83,33 dengan persentase meningkat menjadi 100%. Hal ini berarti pembelajaran PKn menggunakan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 53 Kampung Jambak. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Picture and Picture dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 03:02 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 03:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |