PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DI SDN 47 KOTO TUO PADANG

Kurnia, Delima and NURHARMI, NURHARMI and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE DI SDN 47 KOTO TUO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (858kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran PKn melalui model Think Pair and Share di SDN 47 Koto Tuo Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 47 Koto Tuo, yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan komunikasi siswa, lembar observasi kegiatan pengajaran guru, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan hasil lembar observasi kemampuan komunikasi siswa siklus I dan II. pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 61,90 dengan persentase 57,14% meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata yaitu 76,78 dengan persentase 85,71%. Hasil belajar PKn tingkat C1 (pengetahuan) siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 54,46 sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 75 dengan persentase rata-rata keseluruhan yaitu 64,73%. Hasil belajar PKn tingkat C2 siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 51,78 sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,19 dengan persentase rata-rata keseluruhan yaitu 75,59%. Berdasarkan hasil penelitian, persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada siklus I 42,86% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,57%. Hal ini berarti pembelajaran PKn dengan menggunakan model Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 47 Koto Tuo Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Think Pair and Share dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Kata Kunci: Komunikasi dan Hasil Belajar, PKn, Think Pair and Share

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:46
Last Modified: 05 Mar 2025 02:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24478

Actions (login required)

View Item View Item