Lili, Sofia Dona and Wince, Hendri and Asrul, Taher (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS IV SDN 26 NANGGALO KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
COVER- BAB I.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatan Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SDN 26 Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Melalui Pendekatan Inkuiri.Cara penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Pada penelitian ini Jumlah siswanya ada 20 orang, dan dilaksanakan pada semester satu yang mana dilaksanakan pada dua siklus , yaitu : Siklus I pada tanggal 26 Oktober dan 28 Oktober 2015, sedangkan siklus ke II dilaksanakan pada tanggal 02 November dan 04 november 2015. Hasil belajar pada siklus I diperoleh rata – rata UH 69 dengan persentase ketuntasan 40%. Disini nampak sedikit peningkatan dalam pengguaan pendekatan Inkuiri. Pada siklus I siswa masih kurang serius perlu mendapat perlakuan khusus dengan membuat tugas kedepan. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase dari observer yang mengamati sebanyak 2 kali pertemuan adalah 77,2% untuk indikator mengajukan pertanyaan kepada guru mengenai materi pelajaran dengan baik, 80% untuk indikator melakukan percakapan atau diskusi kelompok dengan baik, 100% untuk indikator mengerjakan LKS, 85% untuk indikator menjawab dan menanggapi pertanyaan, 90% untuk indikator melakukan percobaan menggunakan alat dengan teliti dan baik. Hasil belajar pada siklus II diperoleh rata- rata UH 85 dengan persentase ketuntasan 90%. Ini bearti proses pembelajaran IPA melalui pendekatan Inkuiri berlangsung dengan baik. Dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN 26 Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Melalui Pendekatan Inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru dapat menggunakan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Kata Kunci : IPA, Hasil Belajar, Inkuiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 03:15 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 03:15 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |