PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SD NEGERI 52 KURANJI KOTA PADANG

Maqdalena, Maqdalena and MARSIS, MARSIS and Zulfa, Amrina (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SD NEGERI 52 KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (737kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya hasil belajar membaca siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 52 Kuranji. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar observasi membaca siswa pada siklus I jumlah skor keseluruhan 335 dengan nilai 62,03 meningkat pada siklus II jumlah skor 392 dengan nilai 72,59. Hasil tes pada akhir siklus siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai tes 68,50 dengan presentase ketuntasan tes 35%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai tes 86,59 dengan presentase ketuntasan tes 90%. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas V SD Negeri 52 Kuranji Kota Padang. Kata kunci : hasil belajar membaca, pembelajaran bahasa Indonesia, model Inkuiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:21
Last Modified: 06 Mar 2025 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24482

Actions (login required)

View Item View Item