Marlita, Wati and NURHARMI, NURHARMI and Hendrizal, Hendrizal (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CO-OP CO-OP DI SDN 15 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
cover- BAB I.pdf Download (755kB) |
![]() |
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 15 Sungai Limau. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kognitif, yaitu pengetahuan dan pemahaman siswa, hasil belajar afektif yaitu kemampuankerja sama dan tanggung jawab. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar penilaian afektif siswa, tes hasil belajar pengetahuan dan tes hasil belajar pemahaman siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pengetahuan (C1) pada siklus I nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan 63%, meningkat menjadi 84 dengan persentase 88% pada siklus II, dan ketuntasan hasil belajar pemahaman (C2) pada siklus I nilai rata-rata 61 dengan persentase 38%, meningkat menjadi 78 dengan persentase ketuntasan 75% pada siklus II, dan ketuntasan hasil belajar sikap siswa (A2) pada siklus I 67,18 dengan persentase 43,75%, meningkat menjadi 80,58 dengan persentase ketuntasan 75% pada siklus II. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini yaitu minimal 75% berhasil dicapai. Dengan demikian hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V di SDN 15 Sungai Limau dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Co-op Co-op. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Co-op Co-op
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:25 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |