PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS V SDN 07 SILAING BAWAH KOTA PADANG PANJANG

Melani, Citra and NURHARMI, NURHARMI and Asrul, Taher (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA SISWA KELAS V SDN 07 SILAING BAWAH KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- bab i.pdf

Download (275kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman, kerjasama, tanggung jawab dan disiplin serta hasil belajar siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian kelas V berjumlah 20 orang siswa.Instrumen penelitian adalah lembar observasi guru, lembar observasi penilaian afektif siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil analisis data, disketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mencapai kualitas baik (yakni 70). Di samping itu penelitian menemukan bahwa: 1) Persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65% meningkat menjadi 85% pada siklus II. 2) Persentase tanguung jawab siswa dalam diskusi pada siklus I adalah 33,33% meningkat menjadi 73,33% pada siklus II. 3) Persentase disiplin siswa saat diskusi pada siklus I adalah 46,67% meningkat menjadi 73,43% pada siklus II. 4) Persentase kerja sama siswa saat diskusi pada siklus I adalah 63,33% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dari kesimpulan ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. _____________________________ Kata Kunci: Hasil Belajar, TGT, PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:12
Last Modified: 06 Mar 2025 07:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24488

Actions (login required)

View Item View Item