PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DI SDN 46 GURUN PANJANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ratna, Wilis and NURHARMI, NURHARMI and Hidayati, Azkiya (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DI SDN 46 GURUN PANJANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn, serta guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan strategi The Power Of Two di Kelas IV SDN 46 Gurun Panjang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016 di SDN 46 Gurun Panjang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 46 Gurun Panjang yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga pertemuan. Instrumen penelitian berupa soal yang berbentuk objektif, esai dan lembaran observasi hasil belajar afektif siswa dan aspek guru. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan persentase hasil belajar afektif siswa aspek kerjasama pada nilai rata-rata siklus I yaitu 56,26%, meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Sedangkan aspek tanggung jawab nilai rata-rata siklus I yaitu 53,13%, meningkat menjadi 75% pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa aspek pengetahuan nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 65, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,5. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa aspek pemahaman nilai rata- rata kelas pada siklus I yaitu 63,13, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN 46 Gurun Panjang. Kata kunci: hasil belajar, PKn, the power of two

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Mar 2025 01:43
Last Modified: 13 Mar 2025 01:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24510

Actions (login required)

View Item View Item