Sumiati, Sumiati and Muhammad, Sahnan and Syafni, Gustina Sari (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Jigsaw Di Kelas IV SD Negeri 06 Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
cover- BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Model Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 06 Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 06 Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan yang berjumlah 23 orang siswa. Dari penelitian diperoleh dalam kemampuan pengetahuan siswa menanggapi pada siklus I yaitu 52,2% meningkat pada siklus II yaitu 81,9%. Sedangkan hasil penelitian observasi siswa dalam mengkomunikasikan pada siklus I yaitu 50,0% meningkat pada siklus II 82,6%. Selanjutnya hasil belajar siswa diperoleh persentase pada siklus I adalah 65,2%, sedangkan siklus II persentase hasil belajar siswa adalah 87,0%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran Jigsaw
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:06 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:06 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24525 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |