Syafridani, Syafridani and Wirnita, Eska and Syafni, Gustina Sari (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI SCRAMBLE DI SDN 29 ULAK KARANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
cover- BAB I.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar aspek kognitif dan peningkatan kemampuan menulis Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi scramble di SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang: Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori (1) Scramble yang dikemukakan oleh Istarani (2012), (2) Teori belajar dan pembelajaran yang dikemukakan oleh Ahmad Susanto (2013), (3) teori kemampuan menulis yang dikemukakan oleh Solehan (2008). Peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peneliti 30 orang siswa. Terdapat siswa laki-laki 15 orang dan 15 orang perempuan kelas IV SD Negeri 29 Ulak Karang Utara Padang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil belajar siklus I adalah 67,91 dengan presentase ketuntasan belajar 56,67% terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada siklus II yaitu 85 dengan presentase ketuntasan 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi scramble dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di SDNegeri 29 Ulak Karang Utara Padang. Kata kunci: Kemampuan menulis, strategi scramble, pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |