PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS V SD NEGERI 16 SEBERANG PADANG UTARA

Ijma, Shofy Ar-Nur and Erman, Har and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS V SD NEGERI 16 SEBERANG PADANG UTARA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
102. IJMA1610013411131 COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
102. IJMA1610013411131 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning. Pada pembelajaran IPA Tema 7 peristiwa dalam kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan untuk kelas V SD Negeri 16 seberang padang utara yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi. Modul pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 3 orang dosen, yang terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli bahasa, 1 orang dosen ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis contextual teaching and learning untuk siswa kelas V SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai 90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPA di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci :Pengembangan, Modul Pembelajaran IPA, Model Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:09
Last Modified: 07 Jan 2021 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item View Item