PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU BERBASIS DEDUKTIF UNTUK SISWA KELAS IV SDN 16 SURAU GADANG

Yoga, Saputri and Wirnita, Wirnita and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU BERBASIS DEDUKTIF UNTUK SISWA KELAS IV SDN 16 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
108. YOGA1610013411052 Cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 bab i.pdf

Download (298kB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
108. YOGA1610013411052 Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Deduktif untuk siswa kelas IV SDN 16 Surau Gadang yang valid. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Trianto dengan menggunakan 4-D. Namun penelitian ini hanya digunakan sampai tahap 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan kemampuan. Sebab, pada tahap yang ke empat disseminate (penyebaran) merupakan sudah mencakup secara luas atau skala besar, sedangkan penelitian ini hanya dilakukan dengan skala kecil. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa untuk mengetahui kevalidan modul. Hasil validasi dari ahli desain dengan persentase 86% dengan kriteria valid, dari ahli materi dengan persentase 81,11% dengan kriteria valid dan dari ahli bahasa dengan persentase 94% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian, dapat dilihat ratarata skor penilaian modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis deduktif yang memeroleh secara keseluruhan yaitu 87% dengan kriteria valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan yang dihasilkan valid untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD. kata kunci: modul pembelajaran bahasa Indonesia, berbasis deduktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:49
Last Modified: 07 Jan 2021 06:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item