PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SD NEGERI 05 KELURAHAN KAMPUNG PONDOK KOTA PARIAMAN

Silfi, Mailani and SUSI, HERAWATI and Syafni, Gustina Sari (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SD NEGERI 05 KELURAHAN KAMPUNG PONDOK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
116. SILFI1010013411102 COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 BAB V.pdf

Download (610kB)
[img] Text
116. SILFI1010013411102 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 Kampung Pondok pada pokok bahasan bilangan bulat menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 05 Kampung Pondok yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 70% siswa telah mencapai KKM yaitu 60 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran bilangan bulat. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan asas, kerangka, serta prinsipprinsip Numbered Head Together. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada pelaksanaan siklus 1, model pembelajaran Numbered Head Together mulai diterapkan. Jumlah siswa yang memiliki ketuntasan adalah 17 orang dengan persentase 73, 91% sedangkan siswa yang belum tuntas ada 6 orang dengan persentase 26, 09%. Namun, pembelajaran pada siklus I belum mencapai keberhasilan sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 20 orang siswa dengan persentase 86, 95% sedangkan yang belum tuntas ada 3 orang dengan persentase 13, 05%. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika dan Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:44
Last Modified: 08 Jan 2021 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item View Item