PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SCRAMBALE UNTUK SISWA KELAS I TEMA 6 SD NEGRI 20 KURAO PAGANG PADANG

Thasya, Dwi Hendri Yenni and Yetty, Morelent and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SCRAMBALE UNTUK SISWA KELAS I TEMA 6 SD NEGRI 20 KURAO PAGANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
118. Thasya1610013411103 cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
118. Thasya1610013411103 Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD pada tema 6 Lingkungan bersih, sehat dan asri yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri tahap pendefenisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 20 Kurao Pagang Padang. Pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba media yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai validitas ke dosen dikarenakan kondisi pandemi COVID-19. Sehingga tidak terlaksanakan uji coba media ke guru dan peserta didik. Validasi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Scrambale yang dikembangkan divalidasi oleh dua orang validator, memperoleh hasil yaitu, validator desain sebesar 85% dikategorikan valid, validator materi sebesar 88% dikategorikan valid, dan validator bahasa sebesar 90% dikategorikan sangat valid. Dengan demikian, dapat dilihat rata-rata skor penilaian media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis scrambale yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 87% dengan kategori valid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan hasil valid untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. Kata kunci : pengembangan, media, scrambale

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:50
Last Modified: 08 Jan 2021 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item