PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 31 PASAR AMBACANG KURANJI PADANG

Wizra, Ihsan and Hasnul, Fikri and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 31 PASAR AMBACANG KURANJI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
120. WIZRA1410013411116 Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
120. WIZRA1410013411116 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis inkuiri pada materi membaca untuk siswa kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan dengan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan di SDN 31 Pasar Ambacang Padang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Validasi dari tiga orang validator, diperoleh hasil dari ahli desain sebesar 94% dengan kategori sangat valid, ahli materi 90% dengan kategori sangat valid, dan ahli bahasa 92% dengan kategori sangat valid. Praktikalitas dari guru yang dikembangkan diambil dari tiga aspek penilaian yaitu aspek kemudahan penggunaan, efektifitas waktu pembelajaran dan manfaat, diperoleh hasil dari keseluruhannya 80% dengan kategori praktis. Selanjutnya, praktikalitas dari siswa terdiri 5 orang siswa yang diperoleh dari hasil keseluruhannya 84% yang dikategorikan praktis. Maka dapat disimpulkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Inkuiri dapat dijadikan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas III SD Negeri Pasar Ambacang Kuranji Padang. Kata kunci: bahasa Indonesia, inkuiri, modul, validitas, praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:57
Last Modified: 08 Jan 2021 07:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2479

Actions (login required)

View Item View Item