PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 GAUNG KOTA PADANG

Nadia, Gusrianti and Siska, Angreni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 GAUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text
SKRIPSI_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 04 Gaung, Kota Padang. Model TGT dipilih karena melibatkan interaksi aktif antar siswa melalui permainan edukatif, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest control group design, dengan dua kelompok siswa: kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model TGT dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar IPA yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t (independent sample t-test) dengan taraf signifikan 0,001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model TGT dan yang menggunakan metode konvensional (p < 0,001) yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 04 Gaung. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), hasil belajar, pembelajaran kooperatif, IPA, siswa kelas V.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:24
Last Modified: 21 Mar 2025 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25040

Actions (login required)

View Item View Item