PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI EDUCAPLAY TERHADAP HASIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN

Diah, Aprilia and Rieke, Alyusfitri (2025) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN APLIKASI EDUCAPLAY TERHADAP HASIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN,PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR PUSTAKA DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN, DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (89kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi perkalian dan pembagian bilangan cacah kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Diperoleh hasil kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen tes berupa soal cerita. Hasil akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukan rata - rata yaitu kelas eksperimen 72,21 dan kelas kontrol 52,69. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan independent t test diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,003 yang artinya nilai signifikasi < 0,05. Maka dapat dikatakan terdapat pengaruh hasil kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan aplikasi Educaplay dengan model pembelajaran kelompok terbimbing. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, gunakanlah pemilihan tipe permainan yang menarik yang sesuai dengan permasalah siswa sehingga dalam prosesnya model pembelajaran Teams Games Tournament ini berdampak baik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:38
Last Modified: 21 Mar 2025 07:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item