PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH I MARAPALAM

Randi, Ali Zamardi and Syafni, Gustina Sari (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH I MARAPALAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (247kB)
[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN,PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasi tingkat kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah I Marapalam pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model discovery learning pada pelajaran matematika siswa kelas VI SD Muhammadiyah I Marapalam. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi serta setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan di akhir setiap siklus. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I yaitu 64% yang berada pada kriteria Baik dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 97% yang berada pada kriteria Sangat Baik. Nilai rata-rata pada lembar tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I adalah 51 yang berada pada kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 82 yang berada pada kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika. Peneliti menyarankan agar guru dapat mengimplementasikan model discovery learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:23
Last Modified: 21 Mar 2025 08:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25154

Actions (login required)

View Item View Item