Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa dengan Menggunakan Metode Field Trip Kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan

Divia, Okta Pagani and Syofiani, Syofiani (2025) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa dengan Menggunakan Metode Field Trip Kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI,dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI,.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 May 2025.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan metode Field Trip kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis yang dikemukakan oleh Situmorang (2018), metode Field Trip teori yang dikemukakan oleh Hamdani (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi tindakan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 20 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dalam observasi aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 69,63% dan siklus II 82,14% meningkat dengan persentase 12,51%. Dari hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 62,49% dan pada siklus II dengan persentase 87,49% meningkat 25%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 68,42 dengan persentase 55% dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebanyak 74,5 dengan persentase 85% meningkat 30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Field Trip dapat meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:54
Last Modified: 24 Mar 2025 01:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25174

Actions (login required)

View Item View Item