Feby, Novrian and Zulfa, Amrina (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN I45/III PUNGUT MUDIK KERINCI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (781kB) |
![]() |
Text
BAB 5 PENUTUP.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FEBY NOVRIAN FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 145/III Pungut Mudik Kerinci tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest-only control design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model PBL, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV, dan Teknik Total Sampling digunakan untuk menentukan sampel. Kelas IVA dipilih sebagai kelas eksperimen, sementara kelas IVB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi dan tes hasil belajar. Uji hipotesis menggunakan t-test, dengan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi belajar lebih tinggi pada kelas eksperimen 82,824 dibandingkan kelas kontrol 76,400 dengan thitung = 4,3464 > ttabel = 1,6972. Hasil belajar juga lebih tinggi pada kelas eksperimen 73,705 dibandingkan kelas kontrol 67,733 dengan thitung = 3,221 > ttabel = 1,6972. Dengan demikian H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi hasil belajar Matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model PBL lebih baik dari pada motivasi dan hasil belajar yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kela IV SDN 145/III Pungut Mudik Kerinci Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan demikian penerapan model PBL diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:05 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |