Nabilla, Aulia and Hidayati, Azkiya (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 54 ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
FULL TEXT NABILLA AULIA 21-100.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang. Berdasarkan observasi yang dilakukan, siswa kelas I di SD Negeri 54 Anak Air Kota Padang masih mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dalam mengenali huruf, suku kata, dan kalimat sederhana. Teori yang digunakan dalam metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan membaca permulaan adalah teori Muammar (2020). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas I yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes membaca yang dilakukan secara lisan. Tes tersebut dilakukan ketika sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan dilakukan setelah diberikan perlakuan (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis paired sample t test, dan uji koefisien determinasi berbantuan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest adalah 59,25, sedangkan nilai posttest meningkat menjadi 66,82. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, yang menunjukkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa metode SAS berkontribusi sebesar 76,5% terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Dengan demikian, metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran membaca permulaan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:08 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:08 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |