PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL SAVI DI KELAS V SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG PESISIR SELATAN

Dhea Permata, Bunda and Siska, Angreni (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL SAVI DI KELAS V SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) di kelas V SDN 32 Gurun Panjang Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 26 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dam tes hasil belajar. Berdasarkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terdapat peningkatan aktivitas guru dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi guru pada siklus I adalah 71,87% kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 87,5% kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 65,4% dengan nilai rata-rata 68,1 meningkat pada siklus II menjadi 88,5% dengan nilai rata-rata 77,5. Dengan demikian, presentase hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,1%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan disarakan agar guru menjadi model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang sangat menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:42
Last Modified: 24 Mar 2025 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item View Item