Sasri, Amollya and Wirnita, Eska (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS II SDN 28 RAWANG TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (43kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (57MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis kalimat sederhana di kelas II SDN 28 Rawang Timur Kota Padang yang disebabkan guru menerapkan model pembelajaran yang kurang melibatkan partisipasi siswa dan media yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi pokok sehingga siswa kesulitan dalam menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Tujuan penelitian ini untuk medeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media Flash Card. Teori yang digunakan dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) oleh Pertiwi dkk, (2023:926) dan menulis kalimat sederhana oleh (Hadiana dkk, 2018:22). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 28 Rawang Timur Kota Padang yang berjumlah 30 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuan menulis kalimat sederhana siswa, lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukanpada siklus I lembar aktivitas guru sebanyak 69,32% meningkat pada siklus II menjadi 90,91%. Sedangkan lembar aktivitas siswa pada siklus I sebanyak 73,61% meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Ketuntasan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa pada siklus I memperoleh nilai 37% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) melalui media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN 28 Rawang Timur Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:50 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |