PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG

Anki, Gunawan Fitri and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 29 ULAK KARANG UTARA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 Abstrak.pdf

Download (99kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
1 ANKI GUNAWAN FITRI 1110013411040 Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Circuit Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 29 Ulak Karang Utara yang berjumlah 39 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI B dan VI C yang cara pengambilan sampelnya menggunakan Random Sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data yang didapatkan dari pengujian uji statistik. Hasil penelitian pada tes hasil belajar PKn siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar PKn pada kelas eksperimen yaitu sebesar 81,52 dan pada kelas kontrol yaitu 76,9. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapatkan signifikan sebesar 0,023 yang artinya bahwa nilai signifikan t-tes lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PKn siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Kata Kunci: Circuit Learning, Hasil belajar, PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:11
Last Modified: 21 Jan 2021 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item