PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO PADANG

Aniqotul, Afifah and Yulfia, Nora (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTRA ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (103kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 04 Kampung Olo Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B SD Negeri 04 Kampung Olo Padang tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling, diperoleh siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata hasil belajar setelah diberikan perlakuan dikelas eksperimen didapat 86,64 dan rata rata siswa kelas kontrol 79,52. Pengujian hipotesis menunjukkan t_hitung = 2,542 dan t_tabel = 1.67722. Karena t_hitung > t_tabel yaitu 2,542 > 1,67722, maka hipotesis H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan media peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 03:50
Last Modified: 24 Mar 2025 03:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item