PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 16 SEBERANG PADANG UTARA

Lydia, Anggraini and Wince, Hendri and Siska, Angreni (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SDN 16 SEBERANG PADANG UTARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
2 LYDIA ANGGRAINI 1210013411032 Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran scrambledi SDN 16 Seberang Padang Utara yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus.Aktivitas siswa dalam belajar pada masing-masing indikator meningkat. Hal ini tampak pada aktivitas bertanya baik kepada guru maupun temannya yaitu 55% pada siklus I meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. menjawab pertanyaan baik kepada guru maupun temannya 45% pada siklus I meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. bekerjasama mengerjakan lembar diskusi siswa (LDS) scramble 50% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II.Rata-rata persentase aktivitas pelaksanaan proses pembelajaran guru 70 pada siklus I meningkat menjadi 89,99 pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 65 dengan ketuntasan 50% meningkat menjadi 77 dengan ketuntasan 80%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siklus I ke siklus II setelah menggunakan model scramble. katakunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Scramble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:16
Last Modified: 21 Jan 2021 03:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item