PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 11 PUDUNG AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM

Novita, Sari and Yusrizal, Yusrizal and Muhammad, Sahnan (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 11 PUDUNG AMPEK NAGARI KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 Abstrak.pdf

Download (111kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
7 NOVITA SARI 1410013411011 Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar PKn di kelas VI SDN 11 Pudung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 11 Pudung pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI.A sebanyak 24 orang siswa dan siswa kelas VI.B sebanyak 26 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara simple rando sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 76,7 dan kelas kontrol nilai rata-rata 74,8). Secara uji statistik harga thitung< t(0,05;48) (0,5263< 2,01063) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 ditolak. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match tidak berpengaruh terhadap hasil belajar PKn di kelas VI SDN 11 Pudung. Dengan demikian model pembelajaran Make A Match diharapkan supaya digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Make A Match, hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:32
Last Modified: 21 Jan 2021 03:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

View Item View Item