PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO PADANG

Jessi, Karnila Putri and Syofiani, Syofiani and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 Cover.pdf

Download (72kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
11 JESSI KARNILA PUTRI 1410013411070 Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas III di SD Negeri 04 Kampung Olo Padang. Teori yang didasari dengan teori belajar menurut Walisman(dalam Susanto, 2003:12) bahwa hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor internal maupun eksternal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest–Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas III SD Negeri 04 Kampung Olo Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 04 Kampung Olo Padang dengan jumlah siswa 56 orang siswa, yang terbagi kedalam dua rombel yaitu kelas III A dan III B, dengan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu Sample Random Sampling didapatkan kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 84,17 dan nilai rata-rata kontrol 72,53. Hasil perhitungan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol. Rata-rata hasil penilaian keterampilan berbicara kelas eksperimen adalah 82,25 dan kelas kontrol adalah 77,14. Data uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh ������= 2,60 dan ��� �=1,67. Jadi, ������ > ��� � pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian hipotesis �diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 04 Kampung Olo Padang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dari hasil penelitian ini, maka model pembelajaran snowball throwing dapat diterapkan dan dikembangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal pada mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: Pengaruh, Snowball Throwing, hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:04
Last Modified: 22 Jan 2021 02:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item