Icha, Brliana Arsi and M., Tamrin (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI 54 ANAK AIR PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (266kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada siswa kelas V SD Negeri 54 Anak Air. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas VB dan kelas kontrol yaitu kelas VA. Pada kelas eksperimen menggunakan model role playing dan pada kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan ganda. Teknik data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung 3,298 dan ttabel = 1,674. Dengan thitung > ttabel yaitu (3,298 > 1,674). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang arahnya terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada murid kelas V SD Negeri 54 Anak Air.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25497 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |