PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 13 SURAU GADANG

Eet, Anggra Pratama and Pebriyenni, Pebriyenni and Darwianis, Darwianis (2021) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT(TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 13 SURAU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 Abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
15 EET ANGGRA PRATAMA 1410013411148 Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN 13 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian experimen dengan desigen Preexperimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tuornament (TGT) dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variable terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVI SDN 13 Surau Gadang pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI A sebanyak 30 orang siswa dan siswa kelasVI B sebanyak 30 orangs iswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan hasil penilaian pada mata pelajaran PKn terhadap hasil belajar didapatkan rata-rata nilai skor 69,2. Sedangkan pada kelas VB yang tidak diberikan perlakuan khusus mendapatkan rata-rata nilai skor 59,2. Di lihat pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukan thitung>ttabel , dengan nilaithitung2,69d an nilaittabel 1,70 pada taraf nyata signifikan 0,975, ini berartiterdapatperbedaan yang signifikan antara hasil belajar PKn siswa menggunakan model Teams Games Tuornament(TGT),denganhasilbelajar PKnsiswa yang menggunkanmetodepembelajarankonvesionaldalambentukceramahdantanyajawab . Makadapatdisimpulkanbahwaterdapa tpengaruhantarahasilbelajar PKnsiswadenganmenggunakan model pembelajaran Teams Games Tuornament(TGT), denganhasilbelajar PKnsiswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas V SDN 13 SurauGadang. Kata Kunci :Pengaruh, Teams Games Tuornament(TGT),Hasil Belajar,PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:25
Last Modified: 22 Jan 2021 02:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2553

Actions (login required)

View Item View Item