Neri, Yani and Yulfia, Nora (2025) ANALISIS PEMAHAMAN GURU KELAS V TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 01 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (52kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru kelas V terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 01 Ulak Karang Selatan padang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan informan penelitian adalah guru kelas V sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, guru kelas V memiliki pemahaman yang cukup baik mengenai implementasi kurikulum merdeka, tetapi masih mengalami beberapa kendala dalam implementasinya. Kurikulum merdeka menekankan pendekatan yang lebih fleksibel, pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta metode yang berpariasi seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok. Hambatan yang dihadapi kurangnya pemahaman mendalam terhadap konsep kurikulum, keterbatasan bahan ajar, minimnya pelatihan yang berkelanjutan. Hambatan- hambatan ini berdampak pada efektivitas pembelajaran dan kesiapam guru dalam menerapkan kurikulum secara optimal. Upaya yang dihadapi guru kelas V terhadap implementasi kurikulum merdeka meliputi lingkungan belajar yang nyaman, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, serta mendorong siswa untuk belajar mndiri dan kreatif. Selain itu, guru juga mengembangkan modul ajar yang sesuai , mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran, serta mendukung projek penguatan profil pelajar Pancasila. Upaya yang dilakukan guru dalam implmentasi kurikulum merdeka berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk kualitas pembelajaran dan membentuk siswa yang lebih aktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:25 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:25 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25542 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |