PENGEMBANGAN MODUL OPERASI HITUNG CAMPURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) KELAS VI SDN 04 IX KORONG KOTA SOLOK

Rivela, Ridwan and Syafni, Gustina Sari and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MODUL OPERASI HITUNG CAMPURAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) KELAS VI SDN 04 IX KORONG KOTA SOLOK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 Cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
19 RIVELA RIDWAN 1510013411066 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Berbasis Realistic Mathematic Education(RME) terhadap materi operasi hitung campuran untuk siswa kelas VI SDN 04 IX Korong Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 3-D, yang terdiri dari tahap define(pendefinisian), design(perancangan), dan develop(pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Validasi angket terdiri dari 2 orang dosen. Sedangkan untuk uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas VI SDN 04 IX Korong Kota Solok. Data penelitian dihasilkan produk berupa modul berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas VI SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh 2 validator dengan persentase penilaian 91%, dan kriteria praktis dengan persentase penilaian sebesar 90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education(RME) memenuhi kriteria valid dan praktis digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran di kelas VI sekolah dasar. Kata kunci : Modul Pembelajaran, Matematika, Realistic Mathematic Education(RME), Validitas, Praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:59
Last Modified: 22 Jan 2021 06:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item