UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS III SDN 11 KOTO TINGGI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Faziana, Anggun and Syafni, Gustina Sari (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS III SDN 11 KOTO TINGGI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (69kB)
[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (803kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam belajar matematika kelas III SD Negeri 11 Koto Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SDN 11 Koto Tinggi, menggunakan model Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 11 Koto Tinggi yang berjumlah sebanyak 12 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III SDN 11 Koto Tinggi melalui Model Inkuiri Terbimbing dengan Persentase Kemampuan Berpikir Kritis pada Siklus I sebesar 41,67% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SDN 11 Koto Tinggi. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model Inkuiri Terbimbing pada proses pembelajaran matematika sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:49
Last Modified: 24 Mar 2025 06:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item