PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DI SDN 31 PASAR AMBACANG KOTA PADANG

David, Fernanda and Muhammad, Sahnan and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DI SDN 31 PASAR AMBACANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATT.

[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 Abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
20 DAVID FERNANDA 1510013411068 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI di SDN 31 Pasar Ambacang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”Intact-Group Comparison”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 31 Pasar Ambacang Kota Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI.A sebanyak 22 orang siswa dan siswa kelas VI.B sebanyak 21 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara Sampling Jenuh. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 79,3 dan kelas kontrol nilai rata-rata 64,7). Secara uji statistik harga thitung > t(0,05;41) (2,11 > 2,019) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran Jigsaw disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI di SDN 31 Pasar Ambacang Kota Padang. Dengan demikian model pembelajaran Jigsaw disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Jigsaw, LKS, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 07:04
Last Modified: 22 Jan 2021 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2558

Actions (login required)

View Item View Item