PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPABERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 07 LUBUK JANTAN

Retno, Aulia Fortuna and Rona, Taula Sari and Siska, Angreni (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPABERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 07 LUBUK JANTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 Abstrak.pdf

Download (39kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
21 Retno Aulia Fortuna 1510013411074 Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan praktikalitas modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup pada peserta didik kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan 3-D models. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua dosen ahli kemudian diuji coba di kelas V SD Negeri 07 Lubuk Jantan untuk mengetahui praktikalitas dan validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup untuk peserta didik kelas V SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan 3,65. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 91%, juga dikategorikan sangat praktis menurut peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 91%. Hal ini, menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Kata Kunci : Modul IPA, Konstruktivisme, Valid, Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:37
Last Modified: 26 Jan 2021 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item