peningkatan membaca pemahaman melalui model problem based learning (PBL) kelas V sdn 27 siguhung/agam

Rahmadini, Zulhasri and Hidayati, Azkiya (2025) peningkatan membaca pemahaman melalui model problem based learning (PBL) kelas V sdn 27 siguhung/agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
skripsi rahmadini zulhasri 20-042.pdf

Download (630kB)
[img] Text
skripsi rahmadini zulhasri 2010013411042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 27 Siguhung dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman, Hosnan, (2014:298) menyatakan PBL digunakan untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis. Arikunto,2010:2-3 menyatakan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian menunjukkan pada suatu kegiatan mencermati sustu objek dengan menggunakan cara metodologi tertentu untuk memperoleh data atau informasi bagi peneliti. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dengan subjek 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan tes hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan peningkatan setelah penerapan PBL. Pada siklus I, observasi guru menunjukkan 74,44%, dan observasi siswa 70,04%. Setelah penerapan PBL yang lebih optimal di siklus II, observasi guru meningkat menjadi 83,88% dan observasi siswa menjadi 78,49%. Nilai tes akhir pada siklus I hanya 56%, namun meningkat signifikan menjadi 87% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan metode PBL dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN 27 Siguhung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:52
Last Modified: 24 Mar 2025 06:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25616

Actions (login required)

View Item View Item