PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 04 GAUNG

Ja'far Haris, Shidiq and Yetty, Morelent and Wirnita, Eska (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 04 GAUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN, ABSTRAK,DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN,SARAN,DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
FULL TEXT JA'FAR HARIS SHIDQ 21-067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia yang dialami siswa kelas V SDN 04 Gaung Padang. Fenomena ini diakibatkan oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam belajar dan kurangnya minat siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 04 Gaung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Scramble menurut Shoimin (2014). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan teori penelitian menurut Sugiyono(2015) Quasi Eksperimen Design dengan menggunakan design Pre-test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Gaung yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 45 siswa. Sampel diambil dengan sampling purposive yaitu pengambilan sampel berdasarkan faktor – faktor tertentu dan pada penelitian ini faktor nya adalah hasil Sumatif Tengan Semester siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji-t seri komputer seri SPSS. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung = 0,001 dengan ???? = 0,05 dan posttest (thitung = 5.738, < ttabel= 1,681, df 43). Artinya H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 04 Gaung. Hasil penelitian menunjukan pada hasil pretest (tes awal) nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 51,42 sedangkan kelas kontrol 48,75. Namun pada saat setelah diberikannya perlakuan dengan menggunakan model scramble berbantuan mmedia flash card terjadi peningkatan pada nilai posttest (tes akhir). Di mana nilai rata-rata kelas eksperimen posttest yaitu 82,38 sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya yaitu 62,08. Dengan demikian model pembelajaran scramble berbantuan media flash card layak digunakan dalam pembel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:45
Last Modified: 24 Mar 2025 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25661

Actions (login required)

View Item View Item